Temu Putih ( Curcuma Zedoaria )

Temu Putih ( Curcuma Zedoaria ) – Pada umumnya kebanyakan masyarakat Indonesia, temu putih ditanam sebagai tanaman toga atau tanaman obat, dapat tumbuh liar pada tempat-tempat di udara terbuka yang memiliki tanah lembab pada ketinggian 0-1.000 mdpl. Ciri tanaman ini mirip dengan temulawak yang membedakan terletak dari rimpangnya. Temu putih banyak tumbuh di tanah Indonesia, seperti Jawa Barat, Jawa Tengah, Sumatera, Ambon hingga Irian Jaya. Temu putih kini banyak dibudidayakan di beberapa negara belahan dunia, seperti India, Banglades, China, Madagaskar, Filipina dan Malaysia.

Temu Putih ( Curcuma Zedoaria )

Temu Putih ( Curcuma Zedoaria )

Temu Putih ( Curcuma Zedoaria )

Ciri-ciri dari tumbuhan herbal Temu Putih ( Curcuma Zedoaria ) ini :

a. Temu putih ini dapat tumbuh tinggi hingga mencapai 2 m
b. Batangnya merupakan batang semu yang dibentuk dari pelepah-pelepah daun yang tumbuh melalui rimpangnya
c. Berdaun tunggal, bertangkai panjang
d. Helaian daun berbentuk runcing, tetapi rata, pertulangan menyirip
e. Warna daun hijau bersisik kiri-kanan pada ibu tulang daun, daun berbentuk seperti pita memanjang berwarna merah gelap atau lembayung, panjang daun 25-70 cm dan lebar daun 8-15 cm
f. Berbunga majemuk berbentuk bulir yang tandannya keluar dari rimpang dan panjang tandan 20-25 cm, bunga mekar secara bergiliran dari kantong-kantong daun pelindung yang besar.
g. Mahkota bunga berwarna putih dengan garis tepi merah tipis.
h. Rimpang induk bentuknya jorong membulat dan mengeluarkan rimpang cabang dan tumbuh ke arah samping, ukurannya lebih kecil
i. Warna rimpangnya putih dengan hati yang berwarna kuning muda
j. Bentuk buah bundar, berserat, segitiga, kulitnya lunak dan tipis
k. Bentuk bijinya lonjong, berselaput, ujungnya bewarna putih.

Karateristik dan Khasiat dari Temu Putih ( Curcuma Zedoaria )

– Pada daun temu putih rasanya seperti serai sehingga banyak ibu menggunakan temu putih ini sebagai rempah dalam memasak ikan

– Rimpang muda pada temu putih dapat dicampur dengan salad.

– Rimpang temu putih rasanya sangat pahit, pedas, sifatnya hangat, aroma khas dengan afinitas ke meridian hati dan limpa

– Temu putih adalah herbal yang menyehatkan darah ( membersihkan darah kotor ), menghilangkan sumbatan, melancarkan sirkulasi vital energi ( qi ) dan menghilangkan nyeri.

– Rimpang temu putih berkhasiat antikanker, anti radang (antiflogistik), melancarkan peredaran darah ke seluruh tubuh, fibrinolitik, tonik pada saluran cerna, peluru haid (emenagong), dan peluru kentut.

Unsur senyawa kimia alamiah yang dimiliki oleh Temu Putih ( Curcuma Zedoaria ) adalah :

– Rimpang temu putih mengandung 1- 2,5 % minyak menguap dengan komposisi utama sesquiterpene.

– Bila rimpang dipanaskan akan mengeluarkan minyak yang mengandung lebih dari 20 komponen kandungan senyawa, seperti curzerenone (zedoarin) yang merupakan kandungan terbesar, curzerene, pyrocurcuzerenone, curcumin, curcumemone, epicurcumenol, curcumol (curcumenol), isocurcumenol, procurcumenol, dehydrocurdone, furanodienone, isofuranodienone, furanodiene, zederone, dan curdione. Selain itu mengandung flavonoid, sulfur, gum, resin, tepung, dan sedikit lemak. Curcumol dan curdione yang bermanfaat sebagai anti kanker.

Manfaat Temu Putih

Temu putih yang digunakan dalam pengobatan tradisional adalah memanfaatkan bagian rimpang temu putihnya. Temu putih bisa membantu sebagai obat lemah syahwat alami, melancarkan darah, menambah nafsu makan, membantu melancarkan sistem pernapasan, obat sakit perut alami, untuk membantu menawarkan racun, obat memar alami, obat keseleo, untuk membantu menghangatkan badan, menghilangkan bau mulut kurang sedap, obat luka, obat cacingan alami pada anak, obat wasir atau ambeien, obat bronchitis dan juga obat epilepsi alami.

Komponen yang paling utama yang ada di dalam temu putih adalah kandungan zeodoarin, kurdiaona dan juga kurkumol. Zat-zat yang terkandung di dalam temu putih mempunyai sifat sebagai anti neoplastik yang akan membantu merusak pembentukan dari ribossoma di dalam sel-sel yang ada pada jaringan liar dengan cara meningkatkan suatu pembentukan dari jaringan fibroblast pada sekeliling jaringan tumor atau juga penyakit kanker. Kemudian setelah itu akan membentuk suatu lapisan limfosit yang ada di dalam sel-sel/atau juga jaringan tumor dan penyakit kanker dan kemudian membungkusnya sehingga sel-sel atau juga jaringan tadi tidak akan bisa berkembang dan kemudian akan memudahkan untuk melakukan pengobatan pada penyakit tadi.

Dibawah ini beberapa manfaat dari temu putih adalah :

  1. Membantu mengobati masalah memar, luka, keseleo, terantuk benda, atau juga akibat terpukul.
  2. Membantu mengatasi bisul
  3. Membantu mengatasi bengkak
  4. Membantu mengatasi masalah rematik dan juga pegal linu
  5. Membantu mengatasi sengatan akibat kalajengking an juga ular, dan juga sebagai salah satu penawar racun atau juga bisa.
  6. Membantu memulihkan tenaga pada wanita setelah melahirkan
  7. Membantu menenangkan anak yang rewel
  8. Membantu membuat saluran pencernaan lebih kuat dan lebih lancar
  9. Membantu mengatasi masalah pencernaan yang terganggu atau masalah dispepsia
  10. Membantu mengatasi perut kembung dan juga sakit perut
  11. Menambah nafsu makan yang menurun
  12. Merangsang muntah jika mengalami keracunan.

Temu Putih ( Curcuma Zedoaria )

CARA PEMESANAN KAPSUL TEMU PUTIH

Temu Putih Untuk Membantu Mencegah, Mengatasi Dan Mengobati Kanker, Tumor, Kista Serta Mengatasi Nyeri Haid

1 Botol Kapsul Temu Putih isi 45 Kapsul = Harga Rp.115.000,-

Paket HEMAT Setiap Beli 3 GRATIS 1 Total Rp.460.000 Jadi Rp.345.000

(Dapat 4 Botol dan Hemat Rp.115.000)

cara-pemesanan-cepat

Cara Pemesanan : SMS ke 0878-8856-6863, tuliskan : Pesan Kapsul Temu Putih, Jumlah Botol yang dipesan atau Beli Paket Hemat 3botol gratis 1botol, Nama Anda dan Alamat Kirim Lengkap

This entry was posted in Temu Putih and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.